Kamis, 05 Juni 2008

Kain Bangsawan Palembang

Songket adalah jenis kain dari Palembang yang paling terkenal. Benang emas yang ditenun membentuk berbagai motif memberi kesan mewah. Lalu ada ikat, jumputan, dan bahkan batik. Tiga ragam hias yang pertama kerap dipadukan di dalam selembar kain, sementara batik hampir-hampir tidak lagi dibuat di Palembang.

Meski menurut kamus wikipedia, songket adalah jenis kain tenunan tradisional Melayu yang berasal dari Indonesia dan Malaysia, namun walau bagaimanapun Songket identik dengan Palembang. Songket Palembang ditenun dengan tangan dengan benang emas dan perak dan pada umumnya dikenakan pada acara-acara resmi.

Asal-usul kain songket adalah dari perdagangan zaman dahulu di antara Tiongkok dan India. Orang Tionghoa menyediakan sutera sedangkan orang India menyumbang benang emas dan perak. Akibatnya, jadilah songket.

Kain songket ditenun pada mesin tenun. Pola-pola rumit diciptakan dengan memperkenalkan benang-benang emas atau perak ekstra dengan penggunaan sehelai jarum leper.

Ditilik dari harganya, songket tidak dimaksudkan hanya untuk masyarakat berada saja karena harganya yang bervariasi dari yang biasa dan terbilang murah, hingga yang eksklusif dengan harga yang sangat tinggi.

Foto: "Adis Songket Palembang"

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Selamat siang, mhn info Songket ini berapa harganya ya? Tks