Minggu, 11 Mei 2008

Aneka Sewet Palembang

Sewet adalah sama dengan kain batik panjang ataupun kain sarung baik dipakai untuk wanita maupun pria. Sewet untuk wanita biasanya dipakai bersama kemben (selendang). Bahan yang dipakai untuk membuat sewet Palembang ini hampir semunya dari bahan sutera dengan hiasan benang emas, cat perado (cat perak), dan benang sutra.

Karena cara penunannya dan bahannya yang mahal, sewet Palembang kelihatan anggun dan harganyapun tingg. Karena itu sewet Palembang hanya dipakai pada hari-hari tertentu saja, seperti pada upacara perkawinan dan upacara-upacara resmi lainnya. Jenis sewet itu sendiri bermacam-macam jenisnya. Disamping kain/ sewet songket terdapat beragam jenis kain lain antara lain:

Sewet Tajung, Sewet Tajung ada beberapa macam, yaitu Tajung Blongsong (dipakai oleh orang Perempuan, biasanya ada kembennya). Tajung gebeng (khusus untuk pria). Tajung Rumpak (kain tajung dengan taburan benang emas). Sewet tajung ini juga termasuk sewet yang anggun, karena bahannya dari sutera dan cara pembuatannya sampai saat ini yang terbaik adalah dengan cara ditenun secara tradisional. Tajung dengan cara tradisional ini harganya lebih mahal di bandingkan dengan tenunan alat tenun bukan mesin (ATBM). Pemakaian tajung inipun di pakai pada waktu kondangan (Hajatan pernikahan dan sebagainya).

Sewet Pelangi, Sewet Pelangi biasanya dikenal juga dengan nama sewet jemputan. Cara pembuatannya, bahannya kain sutera, dengan cat yang tidak luntur, harga sewet pelangi ini cukup mahal. Pada waktu ini sewet ini juga dipakai untuk kondangan. Dulu bila orang Palembang akan membangun rumah, maka di atap yang baru dipasang, biasanya digantungkan pisang emas, kelapa, dan kendi berisi air. Pelengkapnya dipasang bendera kemben pelangi.

Sewet Peradan / Perado, Sewet Peradan (Perado) ini merupakan kain ukiran yang di beri cat Perado. Kadang – kadang kainnya adalah kain batik yang bagus dan halus. Harganya juga cukup mahal. Dan sewet tersebut di pakai juga untuk kondangan.

Sewet Batik Palembang, batik Palembang ini mempunyai cirri khas, motif-motifnya halus dan kalem dengan warna manggis. Sewet Batik Palembang yang terkenal adalah Sewet Batik Jupri dan Sewet Lasem. Batik Palembang ini motifnya khusus di design dengan seni dan motif Palembang, sedangkan cara pembuatannya sama seperti batik jawa.

Kain Jumputan
Terbuat dari sutera, pada zaman dahulu kain ini khusus dipakai oleh parah gadis Palembang, sekarang kain ini dapat dipakai dalam berbagai upacara adat Palembang dan acara resmi lainnya. Kain jumputan mempunyai paduan warna yang sangat khas yang umumnya berwarna mencolok seperti merah, hijau dan kuning.

Kain Blongsong
Inilah jenis kain hasil tenunan sutra maupun benang katun biasa, yang lazimnya digunakan oleh para wanita dewasa atau ibu-ibu muda. Kain ini biasanya dipakai untuk upacara adat

Kain Tajung
Khususnya dipakai oleh kaum pria dewasa. Biasanya kain ini dipadankan dengan stelan jas atau pakaian teluk belango untuk memperindah tampilan keseluruhan. Kain ini dapat digunakan saat pesta adatdan acara resmi lainnya. Biasanya terbuat dari tenunan kain sutra dengan motif dan warna menarik.

3 komentar: