Minggu, 11 Mei 2008

Sejarah Adis Songket

Adis Songket merupakan usaha keluarga milik Hj. Maria dan Kiagus H.A Karim yang didirikan tahun 2001 Sengaja mengambil nama Adis karena nama tersebut adalah nama panggilan untuk putri tunggalnya Nyayu Nur Komaria, S.kom.

Adis Songket Palembang di awali oleh Ibu Hj Maria Karim yang bertempat tinggal di 13 Ulu Plaju dimana memang sejak dahulu menjadi salah satu kawasan Pengrajin Songket Palembang.

Ibu Hj Maria telah menjadi salah satu Pengrajin Songket dengan menenun sendiri sejak beliau berusia 13 Tahun, dengan begitu Songket bagi Ibu Hj Maria telah begitu mendarah daging dan menyatu sekali dengan dirinya. Selain sebagai salah satu mata pencarian juga dapat membantu melestarikan budaya sendiri.

Sejak tahun 1998 ibu Hj Maria memulai membuka usaha Songket sendiri di rumahnya di 13 Ulu dan puncaknya setelah pulang dari menunaikan ibadah Haji di tahun 2001 ibu Hj Maria mulai memberanikan diri dengan merekrut para pengrajin baik dari tetangga sendiri, para ibu rumah tangga bahkan dari luar daerah Palembang sebanyak lebih kurang 30 Orang Pegawai agar dapat memproduksi songket beliau, sebagaimana sejak saat itu Ibu Hj Maria mulai menjadi Distributor tetap di sejumlah Butik dan Rumah Songket terkemuka di Kota Palembang.

Songket karya dari rumah “Adis Songket” ini juga mendapat sambutan hangat tidak hanya dari dalam Kota Palembang namun juga dari berbagai Kota di Indonesia seperti Lampung, Jakarta, Bandung, dam Yogyakarta.

Sejak saat itu banyak Perusahaan dan Beberapa wadah organisasi merangkul Adis Songket untuk menjadi Rekaan bahkan Mitra Binaan mereka. Melalui tangan puteri semata wayangnya Nyayu Nur Komariah (ADIS) yang meruapakan sarjana Komputer & e-Commerce, Adis Songket Palembang mulai untuk lebih memperkenalkan diri tidak hanya di Kota Palembang, namun juga secara nasional bahkan internasional melalui media online.

Tidak ada komentar: